Tuesday 15 April 2014

Apa Itu Bitcoin

Mengenal Bitcoin, bagaimana cara mendapatkan serta menggunakannya

Apa itu bitcoin

Pernahkah anda bertransaksi online ? Bagi anda yang pernah, mungkin kartu debit, kartu kredit, transfer, dan paypal sudah tidak asing lagi dibenak anda. Semua yang saya sebutkan tadi biasanya digunakan sebagai alat pembayaran dalam transaksi di dunia maya

Namun baru baru ini kerap dijumpai berbagai situs online yang menawarkan produknya dengan alat pembayaran digital atau kerap disebut BitCoin (BTC) . Contohnya saja di sebuah situs online dijual kamera dengan harga 1.2789 BTC. Namun apa anda tau apa itu Bitcoin ? Bagaimana cara penggunaanya ?

Pengertian Bitcoin

Bitcoin (BTC) adalah mata uang digital yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Bitcoin tidak diterbitkan oleh otoritas pemerintah setempat, seperti halnya Bank Indonesia yang menerbitkan mata uang rupiah. Transaksi dengan menggunakan Bitcoin dilakukan tanpa melibatkan bank, alias tanpa perantara.

Pengguna yang ingin bertransaksi haris mempunyai  dompet digital. Dompet ini digunakan sebagai tempat untuk mencatatkan nilai Bitcoin. Bentuk dari dompet digital ini berupa aplikasi web atau software yang bisa diunduh dari smartphone.

Cara Kerja Bitcoin

Jika pembeli ingin membeli produk menggunakan bitcoin, maka pembeli akan mengirimkan pesan digital yang berisi informasi tentang pemindahan kepemilikan Bitcoin miliknya kepada si penjual. Lalu pesan digital tersebut akan diverivikasi oleh komputer yang telah terhubung jaringan khusus. Pada akhirnya, data transaksi tersebut akan disimpan ke dalam suatu basis data yang disebut blockchain

 Cara Memperoleh Bitcoin

Ada beberapa cara untuk bisa memperoleh bitcoin
  • Yang pertama dengan cara menukarkan mata uang rupiah yang anda miliki sesuai dengan nilai kurs Bitcoin. Anda bisa menukarkannya secara online di situs btcchina.com (China) atau di situs bitcoin.co.id (Indonesia).
  • Selanjutnya dengan cara menjual barang barang anda disitus online yang menggunakan bitcoin sebagai alat pembayarannya.
  • Dengan menjadi miner (Penambang). Miner adalah istilah untuk menyebut mereka yang memiliki perangkat komputer yang diperlukan untuk melakukan verifikasi transaksi Bitcoin.

Penggunaan Bitcoin saat ini

Penggunaan bitcoin saat ini masih relatif rendah dibandingkan alat pembayaran online lainnya. Beberapa barang yang dapat dibeli menggunakan bitcoin diantaranta barang yang dijual di beberapa toko online, tiket pertandingan basket NBA di Amerika, uang sekolah untuk beberapa institusi de Inggris, dan lain sebagainya.

Keuntungan Menggunakan Bitcoin

Pengguna bitcoin semakin hari semakin meningkat karena beberapa faktor.Yaitu tidak adanya biaya transfer bank, biaya transaksi yang murah, tidak membutuhkan kartu kredit, dan lain sebagainya. Para miner juga diberi imbalan atas pekerjaan mereka dengan memperoleh Bitcoin baru yang dapat mempengaruhi nilai bitcoin yang sudah beredar di pasar.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan Bitcoin

Hendaknya anda memperhatikan poin poin berikut sebelum memutuskan menggunakan Bitcoin
  • Beberapa negara di Asia seperti Cina, Thailand, India dan Malaysia tidak mengakui Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.Diikuti Indonesia pada tanggal 7 Februari lalu.Namun bukan berarti pemerintah melarang, pemerintah hanya tidak memberikan perlindungan hukum apabila terjadi pelanggaran atau penipuan terkait transaksi Bitcoin
  • Penggunaan Bitcoin sangat rentan terhadap praktek pencucian uang dan kejahatan cyber karena pada saat mendaftar, anda hanya perlu memasukan nama ID, tidak perlu mencantumkan identitas asli.
  • Menurut pengembang bitcoin, total bitcoin yang bisa “digali” jumlahnya terbatas. Dikhawatirkan bitcoin nantinya akan menjadi suatu komoditas yang nilainya ditentukan jumlah permintaan dan penawaran.
Bitcoin belum menjadi alat pembayaran yang stabil.Kartu kredit, transfer bank, dan Paypal masih sering digunakan karena mudah dilakukan siapa saja. Bisakah bitcoin menjadi mata uang yang diakui dunia ?

apa bitcoin, apa sih bitcoin, definisi bitcoin, kelemahan bitcoin, bahaya bitcoin, bagaimana cara menggunakan mendapatkan bitcoin

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon