Tuesday 17 June 2014

Cara Menulis Artikel Tanpa Copy Paste (Copas)

cara menulis artikel tanpa copy paste

Bagaimana menulis postingan tanpa copas. Copy paste pastinya sudah tidak asing lagi di kalangan para blogger. Copy Paste atau lebih sering disebut dengan istilah "copas" adalah tindakan seseorang dengan sengaja menjiplak, menduplikasi atau mengambil suatu karya milik orang lain. Informasi lebih lanjut tentang copy paste bisa kamu baca di artikel Apa itu Copas dan Copaser

Copas seringkali dilakukan oleh blogger pemula, yang belum tau bagaimana caranya menulis artikel. Padahal copas bukanlah perbuatan yang baik, karena kita menjiplak karya orang lain yang sudah dibuat dengan susah payah. Karena itu, alangkah baiknya bagi kamu yang masih copas, untuk mencoba menulis artikel sendiri. Dengan mengikuti langkah langkah dibawah ini, kamu akan tau bagaimana cara membuat artikel/ postingan sendiri, tanpa copy paste

#1 CARILAH IDE

Langkah pertama adalah mencari ide. Ide ini nantinya akan kita buat menjadi kumpulan kalimat yang koheren sehingga menjadi artikel yang baik. Ada banyak hal yang bisa kamu jadikan sebagai ide artikel. Hobi misalnya, jika kamu hobi main gitar, kamu bisa nulis artikel "Cara bermain gitar bagi pemula". Apabila kamu masih belum bisa mencari ide, silakan baca artikel Cara mencari ide postingan blog. Semoga itu bisa membantu

 

#2 CARI MATERI/REFERENSI

Setelah kamu mencari ide, langkah selanjutnya adalah mencari materi/referensi. Materi bisa kamu cari di internet, buku, TV dan sumber informasi lainnya. Misalnya pada langkah pertama, saya telah menemukan sebuah ide. Karena tubuh saya cukup pendek, saya akan menulis artikel berjudul "Cara Menambah Tinggi Badan". Tentunya saya belum begitu tau bagaimana cara meninggikan badan, karena itu, saya mencari materinya di google. Lihat gambar dibawah ini.
cara membuat artikel sendiri tanpa copas

 Saya mengetikkan "cara menambah tinggi badan" di google. Lalu muncul blog dan website yang juga membahas materi tersebut. Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengunjungi situs situs tersebut, lalu....

 

#3 CARI POIN POIN PENTING

Carilah poin poin penting yang ada dalam materi tersebut. Contohnya di situs http://jualproduktiens.com/6-cara-cepat-menambah-tinggi-badan/ . Di situs tersebut, ada beberapa poin penting untuk menambah tinggi badan yaitu bersepeda, mengkonsumsi susu dan makanan kaya kalsium, menendang, lompat tali, dan seterusnya.

#4 SUSUN KEMBALI DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA SENDIRI

Setelah menemukan pon poin penting, langkah selanjutnya adalah menyusun atau mengembangkannya dengan menggunakan bahasa sendiri. Saya ambil contoh dari situs http://jualproduktiens.com/6-cara-cepat-menambah-tinggi-badan/ . Disana ada ulasan tentang cara menambah tinggi badan dengan cara bersepeda.

# Tips 1 : Bersepeda
Gerakan mengayuh sepeda membuat jari kaki terus mencapai pedal. Ini merupakan peregangan yang bisa membuat kaki lebih panjang. Lakukanlah selama sekitar 10-15 menit. Anda juga dapat menggunakan sepeda statis atau stationary cycle.

Paragraf diatas saya susun kembali menggunakan bahasa sendiri, sehingga menjadi seperti ini

1. Bersepeda
Bersepeda akan membantu anda untuk menambah tinggi badan. Gerakan mengayuh saat bersepeda merupakan peregangan yang bisa membuat kaki lebih panjang. Anda cukup melakukannya selama 10-15 menit. Tidak harus sepeda biasa, sepeda statispun dapat digunakan.

Kedua paragraf diatas kalimatnya memang berbeda, tapi intinya sama kan? Sekarang giliran kamu yang mencoba, santai saja, jangan terburu buru. 

Nah, itu dia cara menulis artikel sendiri tanpa copy paste. Jika kamu merasa kesulitan, itu wajar karena belum terbiasa. Jika sudah terbiasa, kegiatan menulis artikel akan terasa mudah dan sangat menyenangkan.

Komentar yang anda masukkan akan dimoderasi terlebih dahulu oleh admin. Komentar berbau promosi, akan dihapus.

EmoticonEmoticon